Penghargaan World Statement Tak Berpengaruh buat Bangsa dan Rakyat Indonesia

Penganugerahan penghargaan World Statement dari lembaga internasional Appeal of Conscience Foundation di New York, Amerika Serikat, kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dinilai tak berpengaruh, apalagi menguntungkan bagi bangsa dan rakyat Indonesia.

Dengan begitu, tidak akan ada pengaruhnya juga apakah Presiden Yudhoyono memutuskan untuk menerima atau menolak pemberian penghargaan tersebut, menyusul sejumlah pro dan kontra yang terjadi belakangan di Tanah Air.

Pernyataan itu disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Bahtiar Effendy, Selasa (28/5/2013), usai membuka diskusi 15 Tahun Reformasi: Peningkatan Perlindungan Buruh Migran di Era Global di kampus itu.

“Memang ada saja pihak yang memberi penghargaan dengan niat untuk memacu agar lebih baik lagi. Perkara yang sudah dilakukan selama ini tidak signifikan, mungkin enggak apa-apa buat mereka. Kita juga harus tahu motivasi pemberian penghargaan itu,” ujar Bachtiar.

Bachtiar mengaku menghormati semua pihak yang berpendapat, baik dari para anak buah Presiden Yudhoyono yang membela dan berpendapat penghargaan penting untuk diterima maupun mereka yang menilai hal itu tidak tepat, seperti disuarakan tokoh umat Katolik, Frans Magnis Suseno.

“Sekarang, silakan dikembalikan ke nurani Pak Yudhoyono sendiri. Apakah merasa nyaman menerimanya atau tidak. Namun, jangan mengatasnamakan seolah penghargaan itu untuk bangsa dan rakyat Indonesia. Penghargaan itu hanya untuk beliau sebagai seorang presiden,” tegas Bahtiar.

Sumber: Kompas.com 28/5/13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s